Sabtu, 02 Maret 2013

Bidang Industri Makanan dan Minuman Ringan
Larutan penyangga dapat juga digunakan dalam bidang industri makanan dan minuman ringan dan yang sering digunakan adalah Natrium asetat dan asam sitrat.
Asam sitrat merupakan asam organik lemah yang dapat di temukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami, dan dapat digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman ringan. Dalam biokimia, asam sitrat dikenal sebagai senyawa antara di dalam siklus asam sitrat, dan penting dalam metabolisme makhluk hidup, sehingga dapat ditemukan pada hampir semua makhluk hidup. Zat ini juga dapat digunakan sebagai zat pembersih yang ramah lingkungan dan sebagai antioksidan (Menghindari global warming).





Asam sitrat bias di temukan pada berbagai jenis buah dan sayuran, namun pada konsentrasi tinggi, yang dapat mencapai 8% bobot kering, pada jeruk lemon (misalnya jeruk nipis dan jeruk purut). Rumus kimia asam sitrat adalah C6H8O7. Struktur asam sitrat tercermin pada nama IUPAC-nya, asam 2-hidroksi-1,2,3-propanatrikarboksilat.
Keasaman asam sitrat didapatkan dari tiga gugus karboksil COOH yang dapat melepas proton dalam larutan. Jika hal ini terjadi, ion yang dihasilkan ialah ion sitrat. Sitrat baik digunakan untuk larutan penyangga dalam mengendalikan pH larutan. Ion sitrat dapat bereaksi dengan berbagai ion logam membentuk garam sitrat.Sitrat dapat mengikat ion-ion logam dengan pengkelatan, sehingga digunakan sebagai pengawet dan penghilang kesadahan air.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!