Rabu, 06 Maret 2013





Andrew Wiles' s bunga di Teorema Terakhir Fermat dimulai pada usia muda. Dia berkata:
... Saya sepuluh tahun dan satu hari aku akan cari lokal saya di perpustakaan umum dan saya menemukan sebuah buku tentang matematika dan diberitahu sedikit tentang sejarah masalah ini dan saya, sepuluh tahun, dapat memahaminya. Dari saat itu saya mencoba untuk menyelesaikannya sendiri, ia adalah sebuah tantangan tersebut, seperti masalah yang indah, ini adalah masalah Teorema Terakhir Fermat.
Pada 1971, Wiles dimasukkan Merton College, Oxford, lulus dengan gelar BA tahun 1974. Dia kemudian dimasukkan Clare College, Cambridge untuk belajar untuk doktor. Nya Ph.D. supervisor di Cambridge adalah John Coates yang berkata:
Saya sudah sangat beruntung untuk memiliki Andrew sebagai mahasiswa. Bahkan sebagai mahasiswa penelitian ia indah untuk bekerja dengan orang, dia sangat mendalam ide dan kemudian ia selalu jelas dia adalah seorang ahli matematika yang akan melakukan hal besar.
Wiles tidak bekerja pada Teorema Terakhir Fermat untuk doktor. Dia berkata:
... masalah dengan bekerja di Fermat adalah bahwa Anda dapat menghabiskan tahun mendapatkan apa saja ketika saya pergi ke Cambridge saya penasihat John Coates telah bekerja pada Iwasawa teori belokan berbentuk bulat panjang dan saya mulai bekerja dengan dia ...
Dari 1977 sampai 1980 Wiles adalah SLTP Penelitian sesama di Clare College, Cambridge dan juga Benjamin Peirce Asisten Profesor di Harvard University. Pada tahun 1980 ia telah diberikan kepada doktor, yang kemudian dikeluarkan sementara di Sonderforschungsbereich Theoretische jamelbenammou di Bonn. Dia kembali ke Amerika pada akhir 1981 mengambil pos di Institute for Advanced Studi di Princeton. Dia ditunjuk yang profesor di Princeton pada tahun berikutnya, dan juga selama 1982, dia dikeluarkan sementara sebagai sebuah mengunjungi profesor di Paris.
Wiles yang telah dianugerahkan Fellowship Guggenheim enabled yang dia untuk mengunjungi Institut des Hautes Études Scientifique di Paris dan juga École Normale Supérieure di Paris selama 1985-86. Dalam peristiwa-peristiwa penting yang mengubah arah dari Wiles penelitian setelah periode ini dijelaskan:
... tentang sepuluh tahun yang lalu, G aurelina disarankan dan K Ribet terbukti (pada bangunan gagasan dari B Mazur dan JP Serre) yang Teorema Terakhir Fermat berikut dari Shimura-Taniyama berspekulasi bahwa setiap berbentuk bulat panjang melengkung ditentukan melalui nomor rasional adalah modular. Tepat, jika
a n + b n = c n
adalah untuk counterexample Teorema Terakhir Fermat, maka berbentuk bulat panjang melengkung
y 2 = x (x - a n) (x + b n)
tidak dapat modular, sehingga pelanggaran Shimura-Taniyama berspekulasi. Hasil ini untuk mengatur tahap Wiles's bekerja.
Sebenarnya Wiles ditinggalkan semua orang lain penelitian ketika dia mendengar apa yang telah terbukti dan, selama tujuh tahun, ia hanya terkonsentrasi pada mencoba untuk membuktikan Shimura-raba Taniyama, mengetahui bahwa bukti Teorema Terakhir Fermat kemudian diikuti. Wiles berkata:
... setelah beberapa tahun saya menyadari bahwa untuk berbicara tentang orang begitu saja adalah mustahil Fermat dihasilkan karena terlalu banyak kepentingan dan Anda tidak dapat fokus sendiri untuk tahun ini kecuali Anda memiliki jenis konsentrasi penuh yang terlalu banyak penonton akan merusak ...
Bahkan menikah hidup adalah agak terbatas untuk urusan Wiles yang berkata:
... istri saya hanya dikenal sedangkan telah bekerja di Fermat. Tak ada beberapa hari setelah saya menikah. Saya memutuskan bahwa saya benar-benar hanya mempunyai waktu untuk masalah saya dan keluarga saya dan sementara saya sangat sulit berkonsentrasi maka saya ditemukan dengan anak-anak muda yang mungkin adalah cara terbaik untuk bersantai. Bila Anda berbicara kepada anak-anak muda sedang mereka tidak tertarik dalam ... Fermat
Pada 1988 Wiles pergi ke Oxford University di mana dia menghabiskan dua tahun sebagai Profesor Riset Royal Society. Sementara di Oxford beliau dipilih, pada tahun 1989, mahasiswa Fellow di Royal Society. Dalam perjalanan penelitiannya dijelaskan:
Menggunakan Mazur's deformasi teori Galois pernyataan, baru pada hasil Serre's berspekulasi pada modularitas dari Galois pernyataan, dan mendalam mengenai ilmu hitung properti Hecke algebras, Wiles (dengan satu langkah kunci untuk bersama-sama karena Wiles dan R Taylor) berhasil membuktikan bahwa semua semistable belokan berbentuk bulat panjang ditetapkan melalui nomor rasional adalah modular. Meskipun kurang dari Taniyama penuh Shimura-raba, hasil ini tidak menyiratkan bahwa berbentuk bulat panjang melengkung diberikan di atas adalah modular, sehingga membuktikan Teorema Terakhir Fermat.
Bahkan path ke sebagai bukti tidak lancar sebagaimana dikemukakan oleh penjelasan ini. Pada tahun 1993 Wiles kepada dua lainnya yang hebat matematika yang dia dekat dengan bukti Teorema Terakhir Fermat. Dia penuh apa yang dia pikir adalah tersisa beberapa kesenjangan dan memberikan serangkaian kuliah di Isaac Newton Institute di Cambridge berakhir pada tanggal 23 Juni 1993. Pada akhir akhir kuliah dia mengumumkan ia mempunyai bukti Teorema Terakhir Fermat. Bila hasil yang ditulis untuk publikasi, namun yang halus ditemukan kesalahan. Wiles berkata:
... tujuh tahun pertama saya bekerja pada masalah ini Aku setiap menit itu namun ia telah keras. Ada setbacks, hal-hal yang nampaknya telah tdk dpt dinaiki ia akan jenis swasta dan perjuangan saya pribadi sangat aktif dalam dan kemudian setelah ada masalah dengan itu, dalam melakukan matematika yang jenis agak overexposed cara sudah tentu saya tidak gaya, Saya tentunya tidak ingin ulangi itu ...
Wiles bekerja keras selama sekitar satu tahun, membantu khususnya oleh R Taylor yang disebutkan di atas, dan 19 September 1994, memiliki hampir menyerah, ia memutuskan untuk mencoba memiliki satu terakhir:
... tiba-tiba, sama sekali tidak terduga, saya ini luar biasa wahyu. Hal yang paling penting saat saya bekerja hidup. Tidak pernah saya lakukan lagi ... itu sehingga secara tak indah, ia sangat sederhana dan elegan, dan saya hanya menatap di percaya untuk dua puluh menit, maka sepanjang hari saya berjalan sepanjang jabatan. Saya mau tetap kembali ke meja saya untuk melihat masih ada - waktu itu belum ada.
Pada tahun 1994 Wiles diangkat Eugene Higgins Professor Matematika di Princeton. Nya kertas yang membuktikan Teorema Terakhir Fermat adalah Modular belokan berbentuk bulat panjang dan Teorema Terakhir Fermat yang muncul di Sejarah dari Matematika pada tahun 1995. Dari 1995 Wiles mulai menerima gelar kehormatan untuk ini banyak beredar sepotong bekerja. Dia telah dianugerahkan Hadiah Schock di Matematika dari Kerajaan Swedia Academy of Sciences dan Prix Fermat dari Universitas Paul Sabatier. Pada tahun 1996 ia menerima penghargaan lebih lanjut meliputi Wolf Hadiah dan terpilih sebagai anggota asing ke National Academy of Sciences dari Amerika Serikat, dan matematika menerima hadiah.
Wiles berkata:
... tidak ada masalah lain yang akan berarti yang sama untuk me. Saya mempunyai hak istimewa ini sangat langka yang mampu mengejar saya dewasa dalam kehidupan apa yang telah saya anak mimpi. Saya tahu yang langka hak istimewa namun saya tahu jika satu dapat melakukannya itu lebih dari satu apapun dapat bayangkan.
Dalam bekerja summed atas adalah:
Wiles's bekerja sangat asli, teknis wisata dari paksaan, dan sebuah monumen untuk individu ketekunan.

by : math.info

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!